Tumpul

Photo by Christin Hume on Unsplash

Kadang aku teringat bahwa dulu aku sempat punya keinginan untuk menjadi penulis. Selintas keinginan tanpa keberanian. Yang pada akhirnya aku tahu bahwa aku tidak akan benar-benar mencoba mewujudkan keinginan menjadi penulis. Aku terlanjur mengecilkan nyaliku sendiri.

Aku sampai bisa punya keinginan menjadi penulis karena aku membaca. Aku sangat suka membaca buku. Aku tahu perasaan apa yang bisa hadir dari kisah yang dituliskan. Aku sangat berpengalaman dalam melarikan diri ke kisah-kisah tersebut. Kesan-kesan terbaik dari membaca buku, membekas dalam proses bertumbuhnya diriku dan pada akhirnya mendorongku berkhayal: aku ingin menulis.

Sempat aku sudah berhasil membayangkan akan seperti apa kisah yang aku tulis. Seperti ini dan itu semauku. Tapi kemudian, pikiranku sendiri yang memeringatkan aku bahwa menjadi penulis itu sulit. Mereka biasanya punya daya imajinasi yang kuat karena mereka bermain dengan cerita. Mereka terbiasa berpikir kreatif. Dan itu semua bukan aku, kata pikiranku.

Ketika beberapa waktu belakangan ini aku teringat bahwa aku pernah ingin menjadi penulis pun karena aku baru menyelesaikan buku berisi kumpulan tulisan refleksi memotivasi yang sangat pas dan sangat membantuku dalam berdialog dengan pikiranku. Hadir kesadaran bahwa menjadi penulis dan memiliki kemampuan seperti itu adalah sebuah keberkahan, tabungan kebaikan untuknya karena kata-kata baik yang dirangkai olehnya mampu menghadirkan perasaan positif dan menyentuh jiwa pembacanya.

Jadi, satu kali lagi, muncul keinginan itu. Tapi tidak semuluk dulu di mana aku ingin menjadi penulis yang melahirkan karya dalam bentuk buku. Setidaknya, aku jadi ingin kembali menulis (apa saja). Di sini. Dan di medium lain di mana aku bisa berekspresi.

Sekarang, aku perlu berlatih dan membiasakan menuliskan isi pikiranku karena kemampuan menulisku begitu tumpul dan kasar.

Author: Faraziyya

Ordinary. Nothing Extra.

2 thoughts on “Tumpul”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: