Go All In

taken by Ivan

Sesi ngobrol semalam, membuat saya sadar kalau saya senang mengetahui hal baru. Saya sadar kalau saya suka kalau terbuka pengetahuan kepada saya dan saya bisa tahu lebih banyak hal. Saya sadar bahwa, meski saya cuma drop out sebuah sekolah kedinasan, ternyata saya punya keinginan belajar yang masih cukup besar.

Mungkin sejauh ini, tujuh tahun berlalu dan yang membuat saya masih terlihat stagnan adalah kenyataan bahwa saya terlalu banyak mengalah. No need to say more about that. Just because. But realizing that, not the first time though, always makes me positive about what I’d like to do; about what I’d like to achieve. If only this spark could last long, and it still becomes a homework for me.

Anyway, sesi ngobrol apa yang bikin saya jadi nulis gini?

Jadi, saya dan segerombolan anak mudanya Afrakids didaftarin buat ikut sesi ngobrol BukaTalks yang nampaknya juga adalah monthly event oleh Bukalapak. Saya yang cuma butiran debu di dunia startup, ga kenal tuh sama Willix Halim. Tapi kata teman saya, dia ini orang hebat (sampe bang Vikra mengenalkannya as Growth Guard).

Apa yang diobrolin sama bang Vikra dan bang Willix?

Tentunya adalah experience bang Willix yang udah ngebranding dirinya dan menancapkan posisi pentingnya di dunia startup dengan Freelancer.com. Dibahas deh tuh mulai dari early stage sampe dia ninggalin Freelancer.com dan jadi COO Bukalapak. Lalu tentang Growth, secara umum sampe ke lingkup yang ngga saya pahamin ((that I am just a dust is no joke)).

Dibahas juga deh tuh, Growth Hacking yang sebenarnya menurut dia kalo didefinisiin itu ya strategi yang membuat sebuah company itu grow. Ga usah pake definisi yang ribet karena di dalam kalimat penjelasan itu aja udah merangkum makna untuk go all in. Kalau emang dibikin serius, bukan dengan memberikan strict ways to growth tapi lebih gimana directionnya nanti jadi sustainable growth. And how it mostly about attitude and mindset (also, of course, about how you need to go creative in making steps and ways to perform and achieve better everytime).

Gila ya, saya tuh ngikutin obrolannya dari bisa ngikuti dan ngerti sampe saya ngga ngerti sama beberapa istilah yang bang Willix gunain. Mateek, PR gw banyak banget! itu yang ada di benak saya sambil terus ngikutin obrolan semalam. Saya juga jadi inget pernah baca artikel lepas tentang bekerja di dunia startup itu bikin diri kita unlock our potential and somehow it put us to learn more -not the other way.

In the end, I’m really grateful to have attended this talks. Dan seru itu ya belajar bareng. Thanks a bunch buat anak muda Afrakids yang selalu punya indirect ways yang bikin saya rasanya pengen terus bertumbuh (bersama kalian). You guys rock!

taken by Nurul
3 thoughts on “Go All In

Leave a Reply

