The Good Feeling

the-good-feeling

Jadi saya habis baca artikel dari Darius Foroux yang judulnya cukup mengejutkan karena menyuruh pembacanya berhenti mengikuti tips-tips menjadi sukses dengan mengikuti kebiasaan orang-orang sukses. Tulisan Darius Foroux ini mengajak berhenti berkiblat kepada tulisan/buku yang menjual diri Β dengan ‘rahasia kesuksesan’.

Di artikel itu, Darius mengingatkan kalau sukses itu identik dengan menjadi kaya. Dan itu tidak bisa dipungkiri. Minimal seperti itu. Ketika ada artikel atau buku ‘how to’ yang membedah kesuksesan, pada dasarnya buku-buku atau artikel itu cuma sebatas: memberikan perasaan senang/positif tentang diri sendiri. Bahwa orang biasa bisa jadi orang luar biasa. Dan itu ngga salah. Yang salah, menurut darius adalah kepercayaan yang timbul bahwa ‘rahasia kesuksesan’ itu kudu dipraktekin dan voila sukses akan kita raih.

We all want the outcome but no one wants to put in the work themselves.

Biasanya artikel dan buku-buku semacam itu ya fokus di outcome-nya. Ngga ada itu artikel atau buku-buku semacam itu yang buka-bukaan betapa ada proses panjang yang perlu dilewati sebelum mencapai kesuksesan. Kita bisa aja sih berbuat curang dengan menciptakan definisi kesuksesan sendiri. Dan itu ngga masalah, tapi tetap aja lah, semua ada prosesnya.

Inti dari artikel itu, menurut saya kayak gini; ga salah kok terinspirasi dari kisah-kisah orang sukses tapi jangan menjiplak banget lah. Lha wong kondisi kita ngga sepenuhnya sama kayak si orang sukses itu, jadi ngga perlu jiplak. Ambil yang bagus dan sesuai, lalu jalankan. Cara adaptasi kita dengan proses kehidupan yang kita jalanin akan berbeda, dan setiap tikungan yang kita lewati selama proses itu (bila kita berikhtiar dengan mulai dari menjadi diri sendiri), akan memperkaya diri kita pada akhirnya.

Pave your own path


Tunggu sebentar, jadi cuma mau bikin simpulan dari tulisan Darius Foroux nih ceritanya?

Maaf kalau malah jadinya kayak bikin simpulan dari tulisan itu. Padahal bukan itu tujuan saya bikin postingan ini. Sebenarnya saya mau ‘membuka diri’. Di awal saya lihat tulisan Darius Foroux ini dibagi-luaskan oleh teman saya lewat akun facebooknya, saya tersentil.Β I’m one of those people who loved reading that kind of things. Saya demen baca dan liat video-video yang punya booster element yang lalu lalang dan viral dibagi-luaskan di social media semacam itu.

Lebih lanjut lagi, saya ini tipe yang seperti di-sugesti (bener kata Darius), dibikin percaya bahwa saya punya potensi. Tapi 1-2 hari membaca resep orang sukses, bukannya mengendap dan bikin action-plan (atau sudah bikin action plan), saya malah ngga benar-benar menjalaninya. Iya, kayaknya talking the talk, saya cuma baru sebatas itu.

Dan relasi yang bisa saya rasakan dari tulisan Darius ini dan dengan melihat diri sendiri, saya malah terhibur dengan pamungkas tulisan ini yang bilang:

Life is not about success, no matter how you define it. Life is about the struggle of figuring things out. The very thing that many of us run away from.

Kenapa rasanya saya bisa banget relate sama baris kalimat-kalimat itu?

Saya kadang suka berpikir, kapan ya saya akan sukses? Melihat teman-teman yang sudah lebih maju, saya jadi baper karena saya tidak kunjung berhasil. Eh tapi kan perjuangan masing-masing kita beda. Saya sering ngga confidence di situ dan ngerasa malu sebenarnya: kenapa kok ya saya rasanya struggling terus? Ini saya kapan naik kelas kalau ujiannya berulang? Eh ternyata, menurut Darius, seninya disitu. Lalu saya rasanya legaaa. I never imagined that those lines has doubled the ‘good-feeling’.

Ibaratnya mungkin gini, apalah arti sukses kalo ngga jadi dewasa (ini cuma pengandaian saya aja). Dan akhirnya, saya memilih untuk (terus belajar) menjadi dewasa.

2 thoughts on “The Good Feeling

  1. Bener bgt suka iri liat temen yang udh sukses haha.. tapi setuju juga bahwa tiap org kan berbeda baik cara perjuanganya, semangatnya, belum lagi takdir haha

Leave a Reply

