Halfway Through

Blogging U memfasilitasi pengguna wordpress dengan tools dan courses yang membuat blogging menjadi kegiatan yang semakin menyenangkan dan bermanfaat bahkan membuka wawasan tentang menulis dan tentu saja dunia per-blogging-an. Ah, siapa pengguna blogger yang belum tahu? Saya yakin sudah banyak yang memanfaatkannya, yes?

Mau tahu Blogging U sudah menggelar blogging event apa saja? Atau mau menyimak courses yang sedang berlangsung? Klik di sini.

Saya sendiri, memulai dengan ikutan daily post. Ngga rutin, asal comot prompt yang sesuai aja baru saya ikutan. Saya melakukannya jarang-jarang dan setelah dijumlah, total postingan berlabel #DPchallenge cuma 9 postingan! Empat di bulan Juni 2013, tiga di bulan Juli 2013, satu di bulan November 2013 dan terakhir satu di bulan Januari 2015. Hari berganti dan Blogging U semakin berkembang, sementara saya naik turun frekuensi ngeblognya -.-a.

Saya melewatkan Weekly Photo Challenges. Sederhana aja sih, WPC bukan area saya. Saya sadar sepenuhnya kalo saya minim ilmu fotografi dan ngga mau sok-sokan nimbrung. Saya juga melewatkan Blogging 101, alasannya juga sederhana, saya ngeblog bukan niat jadi blogger andal dan beredar. You see, I’m the kind of blogger who’s enjoying writing as a lonely process and let socializing circumstances flows as natural as it will.

Tapi Writing 201 (yah saya ketinggalan Writing 101 jadi langsung lompat ke kelas 201) beda perkara. Saya bisa menemukan kesamaan misi: semakin rajin menulis dan mempertajam warna tulisan (nggaya bahasanya 😎 ). Jadi, ketika kelas Writing 201: Poetry resmi mengundang pengguna wordpress yang senang dengan puisi untuk berpartisipasi, with no doubt I hopped in.

So, how’s it going?

Actually, this is what I really want to share here, this time. So sorry if the intro was too long ^^v

Mengikuti Writing 201 (atau courses lain) berarti tahu konsekuensi untuk menggunakan bahasa yang bisa dimengerti partisipan lainnya. In case, kita mengharapkan feedback dari partisipan lain atas postingan yang telah kita buat sebagai assignments.

Writing 201: Poetry, tentu saja adalah tentang berekperimen dengan puisi. Dan itu lah bagian yang tricky. Yap. Puisi. P-U-I-S-I.

Beda halnya dengan menulis jurnal atau artikel, puisi punya pressure di keindahan makna dalam jumlah kata yang sedikit. Garis besarnya begitu, kan? Nah, tricky-nya adalah saya baru sadar bahwa saya terlalu terburu-buru mengikuti kelas ini. Wong nulis untuk English Friday aja masih ngos-ngosan, apalagi buat nulis puisi berbahasa inggris.

Masalahnya buat saya ada pada keterbatasan vocabulary. Saya kesulitan untuk berekpresi karena tabungan diksi saya yang sedikit. Tapi toh saya tetap berusaha untuk mengerjakan prompt words, poetry forms, dan (mencoba) poetry devices yang diberikan. So far, Writing 201: Poetry menjelang hari ke-8 dan artinya tinggal tiga assignments lagi sebelum kelas ini berakhir. Dikatakan menyesal, bisa iya dan bisa ngga. Saya kesal dengan overestimasi saya terhadap diri sendiri sampe belagu ikutan kelas ini. Tapi saya ngga menyesal karena saya diperkenalkan ilmu berpuisi yang berharga banget. Saya membuat janji kepada diri sendiri, untuk mengulang assignments yang diberikan di lain waktu.

Jadi, konklusi dari postingan ini?

Well, kalau kamu mau memanfaatkan courses yang ditawarkan Blogging U, pilihlah yang sesuai denganmu. Setelah itu, nikmati saja tugas-tugas yang diberikan. Karena Blogging U membuka kesempatan bertemu dengan blogger-blogger dengan range yang lebih luas dari lingkupmu yang biasanya dan jangan minder, serap yang terbaik dari assignments yang kita dan mereka lakukan. Dan sayang loh kalo ngga pernah mencoba apa yang ditawarkan Blogging U, karena selain menyenangkan, Blogging U adalah institusi virtual yang sarat dengan proses edukasi dan sosialisasi.

Oh iya, kalau ada yang belum tahu infonya. Bulan maret mendatang, Blogging U akan mengadakan kelas Blogging 101: From Zero to Hero dan Photography 101: A Photo A Day. Untuk penjelasan lebih lanjut dan registrasi, klik di sini. I’ve registered myself to Blogging 101: From Zero to Hero because I figured that I want this blog to be better in maintenance and focus. Jadi kalau kalian juga tertarik, jangan sampai ketinggalan untuk registrasi. Dari sana kita juga punya wadah berbagi di The Commons yang accessible cuma kalau kita mendaftar.Β  See you! πŸ™‚

Advertisements

16 thoughts on “Halfway Through

  1. Nice info Ziy.
    Kalau soal puisi saya mah juga nyerah. Dalam bahasa Indonesia aja susah. Palagi dalam bahasa Inggris. Vocabnya saya gak mendukung banget.

    Btw makasih info blogging 101 nya ya. Sepertinya menarik. Mau tanya dong sblm daftar. Kalau kita dah daftar. Trs gak ikutan challengenya masalah gak?

      1. iya modal nyali =)) ah nggak bisa setuju saya kalo englishku better, saya kalo baca postingan mbak yg english juga sering curi-curi lirik sama kamus hihi. Yah, intinya mari sama-sama belajar yaaa πŸ˜€

  2. Wah Mba zi, Icha mau bikin postingan tentang Blogging-U malah blm jadi2 πŸ˜€ Icha pertama ikut Writing 201 Longform, karena sebelum2nya gak notice ada course2 begini. Trus ikut Blogging101 malah gak fokus karena pas itu BEC jg baru mulai hehe. Puisi nya Mba Zi bagus2 kok, apalagi yg Moonlight itu, suka banget πŸ™‚

    1. berhubung follow dailypost, pengumuman courses sebenarnya berseliweran cuma hampir ngga pernah aku gubris. ngerasa kalo belum waktunya.
      cuma ya pas writing 201: poetry itu, aku ngerasa terdorong #tsah
      aku masih bingung sama blogging 101 deh cha, outcome dari assignmentnya itu berupa postingan atau apa sih? kayaknya aku pernah liat assignment blogging 101 itu lebih ke upaya memaksimalkan tools biar ngeblog makin canggih gitu. iya ngga sih? #butuhpencerahan

      1. Icha jg follow daily post, tp dulu jrg ngeblog haha. Iya Mba, Blogging101 assignmentnya lebih kayak disuruh ganti tema, ganti title & tagline blog, atur widget, gitu2lah. Makanya Icha ga terlalu aktif dulu. Blogging201 juga gitu tp lebih berat lah task-nya kyk disuruh bikin event gitu. Icha gak ada nyelesain tugasny satupun πŸ˜€ Tp msh bs ke the commons jd mgkn ntar mau liat2 lg task2-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s