Mempertimbangkan Pindah

Malam saat gunung Kelud meletus, saya malah gelisah akan hal yang berbeda. Pasalnya, saya terkunci dari blog ini dan blog buku saya. Padahal, keduanya (atau setidaknya yang blogbuku) mulai menjadi bagian penting dari keseharian saya *ehem*.

Jadi ceritanya, untuk mengosongkan memori, saya memilih menghapus aplikasi Google Authenticator. Padahal apps itu adalah generator verification code yang saya butuhkan untuk masuk ke blog yang sudah saya set menggunakan twostep verification. Awalnya saya ngga khawatir, kan browser udah set remember ya. Sebelumnya juga kalo saya buka wp ya langsung masuk dashboard. Nah, tanggal 13 februari kemarin, hal itu ngga terjadi. Saya masuk dari awal dong, sign in lalu masuk ke jendela di mana saya diminta untuk masukin verification code.

Saat itu, saya buru-buru install Google Authenticator apps lagi ke handphone saya. Tapi yang kemudian saya tahu, saat saya terus-terus gagal memasukkan kode dari apps yang reinstall ini adalah bahwa kode-kode itu akan berbeda untuk tiap aplikasi. Di apps Google Authenticator yang pertama kali saya pasang, saya set untuk akun wp saya. Di kali kedua ini, saya aktifkan untuk gmail saya. Pantas saja kode-kode yang keluar terus invalid.

Sebenarnya, saya bisa minta verification code dikirimkan via sms. Hanya, salahnya saya (lagi) nomer saya yang tersimpan di data wp, beda dengan nomor saya yang sekarang. Lalu, kesalahan saya berikutnya adalah kehilangan backup codes. Komplit banget kan?

Di forum support coummnity, saya menemukan kasus yang mirip. Akhirnya, saya minta recovery accounts. Balasan pertama bilang kalo ngga ada masalah dengan password saya. Iya. Emang ngga ada masalah di password, yang mengunci saya bukan password melainkan verification code. Saya bales deh email itu dengan menjelaskan kondisi sebenarnya. Nah, menanti balasan kedua ini yang cukup lama. Ga lama-lama banget sih ya, belum hitungan dua hari dua malam juga -.-a. Eeeeh saya malah kepikiran untuk pindah. Pikiran saya sih, sayang memang melepas blog yang udah lewat usia 5 tahun begitu saja cuma karena ‘terkunci dari dalam’. Tapi, membuat blog baru membuat saya mempertimbangkan memisahkan secara total dua main blog yang saya punya, dengan dua username. Soalnya, dengan begitu, Reader saya bisa lebih terorganisir karena blog-blog buku dan daily journal bakalan ngga nyampur. Ngga seperti sekarang.

Tapi (lagi) hal itu juga ditimpali lagi dengan pertanyaan-pertanyaan lain. Nanti, gimana caranya mengikuti blog teman-teman yang sudah lama difollow blog ini? Bisa aja, memang, tapi jumlahnya pasti akan jauh lebih sedikit. Statistiknya gimana? Masa mau mulai dari ‘sepi’ lagi? Ngga bilang kalo blog ini rame juga sih, wong saya lebih cenderung mengupdate blogbuku saya. Setidaknya, blog ini, sudah memiliki pembacanya *ehem* *bener kan ya? coba tolong ngangguk*. Mereka, pembaca blog ini, perlu jadi pertimbangan juga kan?

Nah, jadi kah saya pindah? Hmm… belum deh. Nanti aja pindahnya, kalo alasannya adalah upgrade ke blog berbayar *yang ini, doain ya*. Mungkin, selanjutnya, saya akan lebih merapikan dua blog ini saja dulu. Biar ke depan lebih enak ngegunainnya. Terus, apakah saya akan berjanji untuk lebih rajin? Nope. Itu sejenis janji yang tidak bisa saya pegang. Hpft.

Hahha. Happy blogging, all~

pssst. saya lagi demen banget sama Miranti. sama suaranya. sama lagu-lagu yang dipilihnya. kalo kalian? πŸ˜€

15 thoughts on “Mempertimbangkan Pindah

          1. Faraziyya

            intinya, mau lebih mengamankan blog dengan two-step verification malah akunya ikutan ‘terkunci dari dalam’.
            payah yah.

    1. Faraziyya

      sebenarnya, usai enabling two step verification, qt akan dapet 10 backup codes yang tiap kodenya cuma bisa dipake sekali. harusnya itu diprin dan kita simpan.
      dan, pas gagal pertama kali (in case jg kehilangan backup codesnya) kita bisa minta di smsin verif code.

      tambah ribet iya, namanya juga nambah proteksi, bagusnya ini cuma opsi aja kan. kita bisa milih mw gunain atw ngga. dudulsnya aku itu sok bgt mw nyoba, eh, malah teledor -.-a

Leave a Reply

