Awan Suara

Juni tahun lalu, ada teman dari BBI yang menginisiasi baca puisi bareng puisi-puisi SDD. Yah, juni kan bulannya beliau yah? Waktu itu, BBIers yang ikutan akan membaca beberapa puisi SDD pilihannya setelah membaca buku kumpulan puisi SDD yang Hujan Bulan Juni. Media yang akan menjadi wadah event kecil-kecilan itu, adalah soundcloud. Nah, bisa dibilang, itulah asal usul pertemuan saya dengan ‘awan suara’.

profile page soundcloud

 

Rekaman suara yang saya unggah pertama kali, di laman awan suara, adalah poetry reading puisi Helvy Tiana Rosa yang berjudul Jatuh. Waktu itu sederhana aja, saya merekam suara saya sendiri dengan handphone atau laptop. Ngga pake backsound, apalagi pada artificial motion macam deklamasi puisi. Ngga sedalam itu. Hehhe. Cuma ya tetep, saya usahakan tone suara saya mencerminkan emosi tiap kata yang saya baca (yang hasilnya, biarlah pendengar yang menilai). Yang pasti, waktu itu saya jadi keranjingan rekaman poetry reading. 😄

Untuk poetry reading, tercatat saya telah mengunggah sembilan rekaman suara: tiga puisi Helvy Tiana Rosa, satu puisi emha ainun nadjib dan lima puisi Sapardi Djoko Damono. Semua itu cuma rekaman sederhana sih. Ngga pake instrumen, kecuali pada poetry reading Menjelma Cinta, puisi dari Emha Ainun Nadjib. And surprisingly it was the most listened sound from all the sounds i’ve uploaded. Would you like to hear it? 😛

Rekaman suara (dari akun saya) yang lain yang saya rekomendasikan:

Niatnya sih, saya masih mau rekaman poetry reading lainnya. Mungkin puisi-puisi Rendra, Joko Pinurbo, atau SDD lagi. Nah, untuk kalian yang juga punya soundcloud, sini mari saling follow. Tinggalkan komentar yang berisi alamat akun kalian ya 🙂

Oia, tentang Soundcloud. Untuk free rider, kita  bisa memaksimalkan 120 menit yang disediakan soundcloud untuk mengunggah rekaman kita sendiri. Ya cover song, poetry reads, story telling, audiobook, hingga lagu-lagu yang memang ingin kita pasang di akun soundcloud milik kita. Soundcloud ini bisa jadi efektif banget buat kamu yang suka nyanyi dan ingin eksis didengar suaranya dengan media online gratisan. Dare to try? Who knows you’d found hidden gems there 😀

8 thoughts on “Awan Suara

Leave a Reply

