Tayangan Masak

Pagi ini, sepulang membeli lontong sayur untuk sarapan, TV yang menyala di ruang tamu menampilkan ibu Sisca Soewitomo yang sedang memandu acara memasak yang disponsori salah satu produk santan kemasan. Tiba-tiba saja saya ingat mama.

No. Bukan karena ibu Sisca Soewitomo mirip dengan mama saya. Well, cakepan mama saya sedikit X). Yang akhirnya memantik memori saya tentang mama adalah karena mama suka sekali menonton tayangan masak. Dulu, di bulan terakhir yang tersisa, saya ingat saya sering menemani beliau menonton tayangan masak. Mama akan ingat jadwal tayangannya, saya yang menggantikan channel tv untuknya. Lalu dia akan seksama menonton tayangan tersebut, sambil membuat gestur mengingat-ingat resep. Seolah nanti ia akan mempraktekkan resep tersebut dan memasak untuk kami (lagi).

Saya sendiri ikut menikmati tayangan yang berlangsung. Lalu menanggapi bahwa saya ingin resep yang ini atau resep yang itu. Atau sekadar berpendapat bahwa resep ini atau resep itu sepertinya gampang dipraktikkan. Atau mama akan bercerita bahwa dia pernah memasak resep ini atau resep itu.

Mama saya jago memasak, lho. Ga bermaksud bermulut besar, tapi mama saya itu mantan juru masak untuk sebuah kantin saat ia muda dulu. Dan memang masakannya remarkable. Karena saya ini pemakan yang pemilih, mama biasanya membedakan masakan untuk saya. Sebelum memasak, dia akan bertanya apa yang kami inginkan saat itu. Di kesempatan lain, dia mencoba resep baru yang kemudian menjadi favorit kami hingga kami meminta ia memasakkannya lagi, dan lagi.

I am so lucky to have a mom who’s a great cook like her. Still, i’m left with none of her cooking skills while my older sisters has it. I wish she’d live longer so i could learn more and more from her.

I miss her.

4 thoughts on “Tayangan Masak

Leave a Reply

