Cherish Your Parents

Kim Jeung Hwa, ternyata ceritanya yang kusimak tadi, membangkitkan kerinduanku akan mu, Mam. Dengan hati yang berani, ia bercerita dan berbagi tips things to do before Mom passed away. Hmm…. iya, terbaca bahwa kisah yang diceritakannya akan melelehkan airmata. Ia bercerita tentang ibunya, Mam. Sama sepertimu, ibunya divonis kanker payudara and not so long ago she passed away.

Jeung Hwa tahu bahwa sebagai seseorang yang telah ditinggal oleh Ibunya, ada hal-hal yang disesalkan dan masih ada hal-hal yang ingin dilakukannya bersama sang ibu. Ah, perasaan semacam itu yang juga aku dan orang yang telah merasai kehilangan juga memahaminya, Mam. Dan dengan tips  yang dibuatnya ini sebenarnya, ia ingin membantu orang lain yang masih memiliki orangtua disamping mereka untuk tidak menyiakan kebersamaan dan agar berhati-hati untuk nantinya tidak memiliki penyesalan saat kehilangan orangtua menjadi takdirnya.

i think the best you can give to your parents is to spend time with them.

Karena ada sebagian kita yang mengerti bahwa jauh dari anak-anak mereka, bagi orangtua, terkadang adalah hal yang sangat berat untuk dijalani. Dan benarlah, kebersamaan menjadi sesuatu yang sangat bernilai. Entah mungkin karena kedekatan dan kebersamaan yang masih bisa kita alami, kita menjadi orang yang tidak awas. Dan semoga hal ini menjadi pengingatan bahwa keberadaan dan kebersamaan bersama mereka adalah hal yang patut diprioritaskan. Apalagi jika kamu ingin menjadi anak yang baik bagi orangtuamu J

i think its a good idea to take a lot of picture together and photos of just them(parents).

Pada pendapatnya yang ini, saya sungguh sangat setuju. Untuk seseorang yang telah ditinggalkan, ia akan memiliki masa dimana kerinduan fisik menjadi menggebu dan membuat keterbataan meluruhkan tangis karena sangat sadar bahwa tidak ada yang bisa dilakukan, kesadaran bahwa Ibu/Ayah/Orangtua kita memang benar-benar tidak bisa lagi kita temui, tak bisa lagi membersamai kita. Dan pada saat-saat seperti itu, yang membuatmu masih rasional adalah dengan memutar kembali ingatan dengan bantuan foto-foto tersebut. Pendapat ini patut dipertimbangkan, karena kerinduan adalah sesuatu yang kedatangannya tak terprediksi dan meluruhnya tak tahu memakan waktu berapa lama dan entah dengan cara apa.

If your parents have something they have wanted to do for a long time, you should encourage them and help them.

You know, ada saat-saat dimana orangtua kita memiliki keinginan yang telah dipendamnya sejak lama tapi masih belum bisa dicapainya. Keinginan yang masih ada sedangkan kadang semakin tua usianya keberaniannya terkikis, menurun. Misal ibu Jeung Hwa ini, dalam ceritanya, sang ibu adalah seorang yang suka berdonasi dan terus merasa berkepentingan dan perlu untuk membantu orang lain. Suatu kala, ada keinginan sang ibu untuk bisa menjadi tangan yang membantu pada manula di panti atau bahkan para manula yang telah hidup sendiri.

Bersama Jeung Hwa, sang ibu memasak rutin untuk para manula. Ia telah bertanya, di panti mana yang bisa menerima masakannya. Atau di mana pada manula yang telah hidup sendirian yang bisa ia bantu dalam memenuhi pangannya. Saat itu sang ibu sudah dalam masa terapi dan pengobatannya. Ah mungkin ini satu dari sekian pembuktian, we help to help. We give but we are given. We spend some money but we are not losing by it.

Dan poin lainnya dari pesan terakhir Jeung Hwa, adalah bahwa perasaan menjadi support bagi ibunya ini adalah treasure. Karena membantu orang yang kita cintai memang membuat diri dan hati kita fulfilling. Later, even considering it may be hard to deal but one day we’ll be grateful of that moments.

its just a little of many good deeds we could make in order to cherish our parents, so if u have it on you, ways that you take to make your parents happy, then tell me. share to us. because parents are not  just parents.

Advertisements

13 thoughts on “Cherish Your Parents

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s