Cerita Blogging: Hari Blogger Nasional

Sebagai blogger dan mengingat bahwa 27 Oktober adalah hari blogger nasional, maka saya mengucapkan selamat hari blogger bagi yang mengingat dan merayakan. Hehhe. Intro saja sih, sekalian mengambil momen dan alas an untuk memperbarui blog ini dengan sesuatu yang bisa dibaca. Untuk itu, saya mau menceritakan kisah saya sebagai blogger.

Hari ini hari blogger, lalu dua bulan mendatang insyaAllah blog ini akan genap berusia 4 tahun. Usia normal seorang mahaiswa untuk kemudian lulus menjadi sarjana.Lalu empat tahun bagiku dan bagi blog ini? *Jawabannya ya nanti saja saat blog ini berulang tahun yang keempat :-P*

Waktu itu, akhir tahun 2008 ketika saya menerima usulan seorang teman untuk membuat blog. Melongok dan mampir ke blogspot, tapi ternyata kami tidak ‘klik’. Aslinya sih saya yang ngga compatible dengan blogspot. Hehhe. Lalu saya mampir ke blogspot. Ahha! Ternyata saya klik dengannya, fitur wordpress pun buat saya lebih rapi dan compatible dengan saya yang kurang kreatif. Jadilah saya membangun rumah di sini. Dengan ID faraziyya. Ahh, rasa-rasanya dari rumah ini pun ID Itu akhirnya saya gunakan sebagai ID saya di akun-akun socmed lain. Hehhe.

Awal tahun 2009, dengan ajakan yang saya baca dari email, saya membangun ‘rumah’ bercerita lain di multiply. Tempat yang saya akui merupakan blog yang sepaket dengan fitur sosial media. Lebih user friendly bagi blogger yang juga in person-nya sociable. Karena lebih mudah membangun pertemanan blogger melalui multiply dibanding wordpress –in my opinion. Rumah saya di multiply juga bernama faraziyya. Jadi tidak susah mencari saya, tinggal mau nengok saya dirumah yang mana, pake ID yang sama terus tinggal ganti domain di kolom laman.

Saya akui, multiply lah yang membuat saya merasakan hangatnya kopdar dan betapa menyenangkannya mendapat teman bermain paska kopdar. Sangat disayangkan, multiply yang sudah menjadi tempat nyaman bagi sebagian besar blogger akhirnya mengekslusifkan diri hanya di online shopping. Kalimat lainnya, multiply mengusir user-usernya. Hiks. (T^T)

Lepas itu, saya membangun rumah bercerita di tempat lain juga. Saya menempatkan diri di tengah pengguna tumblr –yang dikenal sebagai mini blog. Fiturnya simple dan tidak terlalu friendly untuk blogger yang juga ingin bersosial-ria. Karena thread dua arah tidak begitu dipentingkan disana. Apa yang menyenangkan dari tumblr? Bagi saya, daya visual saya dimanjakan. Selalu tersebar gambar atau foto-foto menarik dan kadang ‘berbicara’. Lalu simplisitasnya. Dan jangkauan pengguna yang lebih luas.

Pernah suatu kali saya mencoba membuat blog spesialisasi. Tahun 2008-2009, saya aktif di lembaga pers mahasiswa. Menjadi pewarta di kampus. Nah blog yang saya buat itu nantinya akan berisi tulisan opini atau jenis-jenis tulisan yang lebih mediatif atau lebih ilmiah. Tapi ternyata blog itu tidak bertahan lama, saya sadari saat itu saya bahkan tidak terlalu banyak menulis tulisan yang serius, lantas mengapa sok sekali saya pake membuat blog yang namanya ‘djurnalisziyy’. Asli, kalo sekarang-sekarang ini ingat hal itu, jadi malu pisan. (-.-)”

Terakhir, dengan kecenderungan saya terhadap buku, saya membuat blog  khusus seputar buku. Lalu bergabung di Blogger Buku Buku Indonesia. Naah, tentang blog buku ini nanti akan saya buat dan posting ya di blog buku saya. Ceritanya ngga akan saya bagi di sini, karena ada even posting bareng dari grup BBI sendiri. (^^)v

Blogging, menjadi blogger, adalah aktivitas dan status yang menyenangkan. Sekedar menulis keseharian atau kecenderungan, dimanfaatkan untuk membangun pertemanan, atau dijadikan sebagai lompatan untuk serius menjadi penulis. Itu semua yang blog tawarkan dan lapang sekali untuk kita maksimalkan. Alright, semoga blogger Indonesia semakin banyak, semakin matang dan isi postingnya menjadi solusi yang dimanfaatkan luas. Semoga saya juga menjadi blogger yang lebih rajin dan lebih bermanfaat. Aamiin.

4 thoughts on “Cerita Blogging: Hari Blogger Nasional

Leave a Reply

