Palestinian

http://scientz.multiply.com/journal/item/496/Saamii-dan-Amr..

lalu doamu,

ayo Ci, smg suatu saat aku bisa ngajak kamu ketemuan sama mereka.. :’)

T^T

Kamu tahu? waktu itu, malam 23 Ramadhan lalu, mereka hadir di tengah-tengah kami. Dua orang remaja berdarah Palestina yang menjadi scholars dari salah satu program BSMI. Mereka Muhammad dan Abdul. Malam itu Muhammad berbicara banyak, tentang kondisi Palestina sebelum dia datang kesini, tahun 2010. Yang jauh lebih menarik buatku saat itu, ini tidak serius sebenarnya, justru cerita yang dibawakan Muhammad dalam bahasa campuran inggris-indonesia. Aksennya, penggunaan kata yang dia pilih masih lah kata-kata baku nan formal. Membuat kami yang menyimak, senyum-senyum jadinya.

Hingga dia menjawab pertanyaan dari salah seorang kami, tentang bagaimana kondisi qiyam lail palestinian disana? Masyaa Allah, qiyam lail mereka memang panjang. Mulainya bukan dari pukul 1-2 dini hari tapi 1 jam berselang lepas dari tarawih yang mereka dirikan. Dalam rangkaian qiyam lail mereka, ada sebuah rutin dimana ada jeda dimana mereka mematikan lampu tempat mereka shalat lalu masing-masing mereka menghabiskan jeda tersebut untuk doa yang dalam yang sifatnya personal, individual.

Malam itu juga kami diimami mereka bergantian, remaja Palestina yang usianya 4 tahun dibawahku. Dan iya, bila dibanding dengan lamanya saat aku diimami oleh imam di Masjid Baitul Ihsan misalnya, tiap rakaat malam itu lebih lama. Tapi entah, aku kuat. Rasanya memang berbeda. Like a fulfilling feeling, kinda.

I’m grateful to have witnessed them also in reality life. Really, i’ve learned a lot that night. Apalagi dirimu ya, yang dibersamai dua bocah itu dalam beberapa hari.

Advertisements

One thought on “Palestinian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s