baitbait puisi

: Apakah kita akan pernah punya senja sendiri?
Menyusuri tepi pantai, atau misteri hutan pinus?
Akankah ada jejak panjang di jalan kenangan?
Atau hanya moemori dalam imaji?
Ilusi yang terpaksa kita kemas
berulangkali sebagai fiksi

Aku pun mencoba mengerti
mungkin memang hanya duka
dan hujan
sepasang kekasih abadi
yang tak pernah
abai akan sisa
waktu
terus berpelukan
dan berdansa
di luar jendela

Jelajah Diam. 2012. Sendiri. 1995.

Aku mengira cinta adalah
samudera pengorbanan tanpa tepi
kesetiaan yang semakin menjadi
dan ketika cintanya
terdefinisi sebagai ilalang patah
waktunya bagiku untuk mengapung
dalam realitasΒ  imaji
dan lebur
di kedalaman laut
matamu

Apakah kau percaya pada ada dan tiada?
Sebab aku mungkin ada
sebab aku mungkin hanya tiada
sepotong diam yang tak henti mencinta
hingga di penghujung senja

Namun kau harus pelangi, seperti katamu
muncul sewaktu-waktu
dan menyisakan warna birunya selalu
dalam kamus sunyiku

Vidiara. 2008. Cinta. 1988. Interlude. 1988.

**

Potongan-potongan yang sebenarnya bukanlah puzzle, karena semua bagian yang saya ambil di sini telah memiliki tempatnya, telah dalam judulnya. Hanya saja saya tertarik mengadopsi mereka, bait demi bait dirangkaikan kembali untuk utuh. Entahlah, mungkin saya lancang ya. Semoga indahnya bait-bait ini tetap seperti sedia kala.

Semua bait diambil dari kumpulan puisi Mata Ketiga Cinta, Helvy Tiana Rosa.

4 thoughts on “baitbait puisi

  1. jiansariwalaka

    mungkin bukan soal mengadopsinya..(tapi lukaku yang melukaiku dengan lembut namun sakit nan dalam..), tumpah disini..layaknya lukisan yang terperangkap dalam kanfas..

Leave a Reply

