[Ulasan Buku] 365 Tips Sehat ala Rasulullah

Mulanya melihat buku ini dan Rasulullah is My Doctor –Jerry D. Gray, menimbang lalu memilih buku ini dibeli lebih dulu. Ya, karena lebih murah. Saat itu, saya sedang diterpa kesadaran untuk bertindak dan berubah. Setidaknya menyimpan niat demikian. Niat merubah pola hidup yang lama kelamaan bisa berujung tidak baik.

Lalu buku ini? Ringan. Ya, namanya juga kumpulan tips. Benar-benar ada 365 tips dalam buku ini. dalam tiap lembarnya, terbagi empat. Tiap halaman memuat dua tips dan kumpulan tips ini dibagi menjadi 5 bagian, yakni:

  • Smart Behaviour. Tahu kan, arti behaviour? Dalam bagian ini dr. Toha memberikan tips-tips tentang sikap dan laku Rasulullah yang menyehatkan.

 

Olahraga merupakan cara hidup sehat yang dianjurkan Rasulullah saw. Olah raga yang dianjurkan rasulullah saw adalah berenang, berkuda dan memanah. Renang bermanfat menguatkan otot tanpa membebani sendi secara berlebihan, berkuda akan meningkatkan ketangkasan bergerak dan memberi kemampuan mengunakan daya ungkit bagi kepentingan hidup, serta memanah meningkatkan kewaspadaan dan membiasakan fokus.

(poin 18)

 

Akhlak Rasulullah saw sungguh elok dan menawan sehingga Allah swt mmujinya, “Sesungguhnya engkau memiliki akhlak yang agung.” Beliau saw tidak pernah menolak makanan dan tidak pernah memaksakan mencari-cari di luar yang sudah tersedia dirumahnya. Beliau suka makanan yang mudah didapat. Bahkan jika tidak ada makanan di rumah, beliau menahan lapar dna melanjutkan dengan berpuasa sunnah (poin 61)

 

Ada juga beberapa hal tentang marah, tentang tidur hingga kopi (dalam bagian ini). Dan yang paling penting (hingga menurut saya, poin ini jadi inti hikmah hidup sehat Rasulullah) bahwa, “Metode hidup sehat yang dicontohkan Nabi lebih mengutamakan pencegahan penyakit (menjaga keseimbangan). Rasulullah bersabda, “Sebab dari sakit adalah makan makanan yag satu lebih dari makanan yang lain.” Bila pun sakit, anjuran ada pada memulihkan keseimbangan terlebih dahulu. Jika belum pulih, barulah kita dianjurkan untuk minum obat.”

 

  • Smart Eating. Menghadirkan tips seputar jenis makanan, pola makan dan etika aplikatif yang dapat menyehatkan tubuh.

 

Nabi saw menganjurkan kita memakan buah persik (peach)sebelum kita makan makanan pokok. Dalam tradisi kedokteran Islam, buah persik merupakan pencahar yang baik karena sifatnya yang dingin akan menenangkan perut. Buah persik sebaiknya dimakan bersama makanan yang substansinya panas. Jika kita kesulitan mencari buah persik, hendaklah menggantinya dengan buah pear atau buah semangka. (poin 108)

 

Jika mendengar ada saabat Nabi saw yang sakit, beliau meminta Aisyah r.a. membuatkan sup talbinah, yaitu sup yang terdiri dari gandum, lemak, madu, dan sayur hijau. Talbinah baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memberi kekuatan, dan menghangatkan badan karena kandungan energi yang tinggi dan merupakan makanan yang seimbang antara daya panas dan dinginnya. Dengan talbinah, kita akan mengembalikan keseimbangan tubuh yang terganggu. (poin 99)

 

  • Smart Ibadah. Ibadah yang dihadirkan dengan ikhlas, khusyuk, dan hudhur, serta dilakukan dengan cara yang benar sesuai petunjuk Nabi saw. ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Bagian ini membahas mulai dari wudhu, ibadah sholat hingga puasa. Dengan detil-detil kebermanfaatan yang telah ada dalam tulisan kesehatan  lainnya, dengan menambahkan poin-poin yang baru.

 

  • Smart Doa. Tips seputar doa yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan dan kualitas hidup.
  • Smart Medicine. Memberikan beberapa tips cara membuat ramuan yang berguna untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit tertentu.

 

Jika anda mengalami sulit buang air besar atau sembelit, tingkatkan konsumsi air dan makanlah bayam karena bayam adalah pencahar yang baik. Bayam juga mengandung zat besi dan klorofil sehingga membantu memperbaiki metabolisme, meningkatkan kekuatan otot, serta mencegah dan mengobati anemia. (poin 272)

 

Demikian, buku ini informatis. Terang saja, dengan 365 tips yang ada, mungkin belasan bahkan puluhan poin diantaranya ada yang belum anda simak. Banyak poin didalamnya yang praktikal, jadi bisa menjadi pilihan tersendiri untuk diterapkandala menjaga keseimbangan ataupun dalam mengembalikan keseimbangan pola hidup. Semoga bermanfaat. Selamat membaca. 🙂

Advertisements

6 thoughts on “[Ulasan Buku] 365 Tips Sehat ala Rasulullah

  1. Ak (mati kutu), karena punya bukunya tapi belum khatam :d
    Thanks resensinya, sekaligus masyarakat Indonesia harus bersyukur, karena dimana-mana ada bayam(baca : menu andalan warteg or makanan sunda) ..hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s