[Aktivitas Membaca] Januari 2012

Dalam buku agenda, ternyata saya menulis target begini:
– Minimal baca: 8 buku/bulan
– Minimal beli buku: 4 buku/bulan
– Minimal buat ulasan buku: 4 buku/bulan
– Selalu buat rangkuman aktivitas membaca tiap bulan.

Realisasi: target diatas tercapai! Alhamdulillah~

Berikut delapan buku yang saya baca bulan Januari:

Allah, inilah proposal cintaku -Ahmad Rifa’i Rif’an. Bisa dikatakan sebagai buku bertema pernikahan, bukankah ‘proposal’ telah menjadi istilah yang begitu mengisyarati pernikahan . Ulasannya disini

Perjalanan Bu Aminah -Rendra. Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan film Ummi Aminah ataupun novel Asma Nadia. Buku ini adalah kumpulan puisi oleh Rendra. Ulasannya disini

Lampuki -Arafat Nur. Novel satir berlatar Aceh. Saat membaca ini, rasanya saya begitu bergejolak. Kalo kata Bang Alex, Arafat Nur (penulis ini) cuma cari sensasi. Bang Ales menyayangkan Arafat Nur yang besar dalam FLP malah melenceng (katanya) melahirkan novel yang isinya memesongkan orang begitu. Ulasan dari saya, tentang novel ini, bisa dilihat disini.

Meraba Indonesia -Ahmad Yunus. Catatan perjalanan yang bagus. Recommended! Membaca buku ini, tahulah saya betapa Indonesia itu rumit! Sangat rumit, tapi dalam waktu bersamaan begitu menarik. Ulasannya disini.

Jentera Lepas -Ashadi Siregar. Novel satir sosial, berlatar pertengahan hingga akhir 1960an. Cukup bagus. Novel ini disengaja terbit ulang oleh Bentang Budaya. Ulasannya menyusul.

111 Kolom Bahasa Kompas -Salomo Simanungkalit, dkk. Buku yang sangat asyik. Perlu untuk dimiliki, bila kalian memang pihak yang menaruh perhatian pada bahasa indonesia dan penggunaannya. Ulasannya menyusul.

Kaidah Terbang Lebah -Hasan Aspahani. Kumpulan tulisan dari kolom kamisan Batam Pos yang ditulis oleh Hasan Aspahani. Secara umum, cukup bagus. Sarat pelajaran dan tulisan-tulisan didalamnya bukan sekedar menghibur tapi bisa digolongkan ke dalam tulisan-tulisan yang memotivasi. Ulasannya disini.

Botchan -Natsume Soseki. Novel berlatar Jepang di awal 1900an. Dikatakan novel yang memiliki posisi penting. Sebenarnya, novel ini biasa saja. Daya tariknya ada pada karakter Botchan yang agak unik kepribadiannya kala itu (latar waktu dalam novel). Itulah yang dibanggakan oleh pembaca Jepang umumnya. Sederhana tapi cukup menghibur dan memberi pelajaran. Ulasannya disini.

Dua buku, Jentera Lepas dan 111 Kolom Bahasa Kompas, ulasannya masih dalam bentuk draft. Tidak mungkin saya selesaikan malam ini, semoga bisa segera menyusul.

Jadi, dari target membuat ulasan buku, saya sudah memenuhi minimumnya πŸ˜€ . Ya, realisasinya, enam buku yang saya buat ulasannya dari delapan buku yang saya baca.

Tentang target buku yang dibeli, ada empat judul buku yang Januari kemarin saya beli. Dua telah saya baca, yakni: Kaidah Terbang Lebah dan Botchan. Dua buku yang lain adalah The Great Story of Muhammad (dari arisan buku) dan Apa Cukup dengan Shalat Khusyu’.

Terakhir, buku yang sedang saya baca adalah buku pertama otobiografi Hatta.
Demikian laporan dari saya, semoga bermanfaat. Semangat terus membaca

Advertisements

2 thoughts on “[Aktivitas Membaca] Januari 2012

    1. faraziyya

      target ama realisasinya ngeri amat Ziyy..

      masa begitu ngeri sih? dari mana? mas eko cm belum familiar sm org yg gila buku aja, mungkin πŸ˜€

      kurang kerjaan atau memang seharian baca buku aja ya..?

      ini ngeledek ato apa ya? -.-a
      kalo terbiasa, kecepatan membaca juga terasah ko’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s