Kabar GR Reading Challenges

Seingat saya, bergabung untuk menantang diri akan jumlah buku yang dibaca selama satu tahun itu sejak bulan Februari 2011. Pokoknya, hitungan saya waktu itu, masih ada 10bulan lebih untuk memenuhi tantangan membaca dari Goodreads. Jumlah yang saya sodorkan, untuk menantang diri saya juga, adalah 100buku untuk tahun 2011. Taraaa…persentase terakhir, yang saya capai hanya sejumlah 58%. Ya, baru 58 buku yang saya habiskan dalam 10bulan terakhir.

Dan alasan saya membahas Reading Challenges dalam jurnal ini, karena saya tidak menyiapkan Monthly Reading Activities yang mestinya saya lunasi . Saya katakan terang-terangan disini, bahwa buku yang lunas baca bulan ini hanya ‘Hujan dan Teduh’. Sebuah roman yang saya dapat dari Festival Pembaca Lalu.

Dalam progress membaca, bulan ini, masih ada 111 Kolom Bahasa Kompas (yang tak kunjung selesai), Sunset Bersama Rosie, Meraba Indonesia, Kado Pernikahan Untuk Istriku. Oiya, secara pribadi, saya memasukkan buku-buku kedalam kategori currently reading, karena buku-buku tersebut sudah/sedang saya baca tapi belum selesai. Alhasil, buku-buku dalam kategori currently reading jumlahnya banyak. Apalagi, saya bukan tipikal yang membaca satu buku mesti habis dulu baru baca buku lain.

Balik lagi ke masalah Reading Challenges, sedih (sebenarnya) karena hanya mencapai angka 58% dari 100% yang ada. Tapi, kalo kata mbak Novi, disini persentase itu jadi ‘cambuk’. Dengan ngga tercapainya, kita jadi mengoreksi diri, berevaluasi (beneran bukan berusaha mencari pembenaran). Lalu, kali ini, 2012 Reading Challenges digelar kembali oleh Goodreads. Ada yang mau tahu, berapa angka (jumlah) buku yang saya tantang untuk diri saya di 2012 ini?

Taraaa…angka yang sama: 100

Saya belum mau beralih. Entah itu menambahkan atau mengurangi angka yang saya patok tahun 2011 kemarin. Saya cuma mau tahu, berharap penuh, akhir 2012 nanti perkembangannya semain terlihat. Akan lebih mudah melihat perkembangannya bila saya menggunakan angka yang sama.

Well, Bismillah. Mari memelihara semangat membaca

Buku-buku yang sedang saya baca, yang terdokumentasi Goodreads.
apdet terakhir -myself reading challenge di goodreads.com
6 thoughts on “Kabar GR Reading Challenges

    1. kebanyakan -,-”
      PR buat bulan ini untuk dilunasin.
      eh iya, aku sempet liat GR reading challenges mb sinta berkurang ya, jadi 120?

    1. challenge umum yang ada di goodreads.com
      sekalian bisa membantu kita memelihara semangat membaca dan mendokumentasikan buku2 bacaan kita 🙂

  1. wah… bru tahu di goodreads ada program ini juga.. sama dunk mb, tahun ini target sya jg.. alhamdulillah udah 17 buku.. 1 mgg lalu kosong… ayooo semangaat… ;)..

    1. iyaaa ada,
      gabung aja di goodreads mb,
      id saya sama: faraziyya/fauziyyah arimi
      tempat yg asik utk saling share koleksi buku yg dibaca.

Leave a Reply

