Memberi Kegembiraan Kepada Muhammad

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, ‘Nikah adalah sunnahku. Maka, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, berarti dia bukan termasuk golonganku. Menikahlah kalian karena sesungguhnya aku berharap memiliki jumlah umat yang banyak melalui kalian di antara umat-umat lainnya pada hari Kiamat kelak.”

Baru kali ini, setelah berkali-kali menemui tujuan pernikahan yang dicantumkan banyak buku bertema pernikahan adalah mengikuti sunnah Rasul, akhirnya sore ini saya terpaku justru pada bait akhir hadits diatas: sesungguhnya aku berharap memiliki jumlah umat yang banyak melalui kalian di antara umat-umat lainnya pada hari Kiamat kelak.

Oleh Penulis (Prophetic Parenting), hal yang pertama disebutkan sebagai satu diantara tujuan pernikahan Islami adalah: Memperbanyak jumlah kaumΒ  Muslimin dan memberikan kegembiraan di hati Rasulullah. Dan bagi saya, tujuan pertama ini sangat bisa saya terima. Memang klausanya tetap sama: Mencintai Rasulullah – mengikuti salah satu sunnahnya yakni menikah – memberikan kegembiraan kepada Rasulullah karena beliau berharap memiliki jumlah umat yang banyak di hari Kiamat kelak – dan sekali lagi, mendatangkan rahmat Allah. Tetapi lintasan pikiran kali ini seperti menjadi penekanan tersendiri.

Ah..tiap-tiap kita memang, bisa jadi, memiliki penguat pijak tersendiri dalam hal bersemangat mempersiapkan diri menuju pernikahan. Dan hari ini, saya menjadi bersemangat karena kausa: menikah pun berarti bahwa saya memberikan kegembiraan kepada Muhammad, Rasulullah yang kepadanya rindu ini bersangatan. Semoga didalam rasa semangat saya atas kausa diatas, berarti mempersiapkan diri menuju menikah pun adalah bukti cinta kepada Rasulullah dan cinta kepada Allah.

Bagaimana denganmu? Sejauh ini, apa penguat pijakmu dalam mempersiapkan diri untuk menikah?

One thought on “Memberi Kegembiraan Kepada Muhammad

Leave a Reply

