Catatan Akhir Pekan: Memulihkan Diri

Sejak saya suka lagu healing yang dibawakan dengan outstanding oleh Sami Yusuf, saya jadi suka istilah ‘memulihkan diri’. Lebih dari itu, saya mengambil judul yang sama untuk catatan akhir pekan kali ini, insyaAllah erat dengan tema tersebut.

April, bulan ini, sudah saya niat-kondisi-kan untuk menjadi bulan saya berbenah banyak hal. Nyatanya, saya terseok-hingga seminggu menjelang berakhirnya april-. Terlihat payah sekali. Menulis tidak banyak, mood membaca benar-benar tertarik benang layang (yang saya sulit kendalikan ulurannya) hingga saya tidak tahu direksi layang-layang tersebut. Pathetic.

Cuma tinggal semangat, sedang logika saya belum pulih-pulih juga. Bila ia (logika) memegang andilnya dengan benar, harusnya perasaan kalah mampu mengalihkan saya untuk kembali ke dalam track.

Cukup. Cukup. Cerita-cerita kekalahan saya mending direcycle.

There it goes…healing session has it own way..has it own process..has it own times. Better for me to bear with it.

Mari beralih ke tema ‘memulihkan diri’ yang muncul pada fragmen hari ini, ahad ini.

  • Fragmen 1: Rapat koordinasi ICRadio, selasar timur MBM

Unik sekali radio ini, radio tempat saya berafiliasi. Radio komunitas yang saat-saat ini perlu mendapatkan treatment penyelamatan. Hingga buat saya, radio komunitas ini sedang perlu memulai fase ‘memulihkan diri’nya. Radio komunitas ini sedang butuh penopang yang tangguh, penopang yang tahu mengatasi robek-robek layarnya. Afiliasi saya yang satu ini, tidak bisa terus menerus melihat kejayaan masa lalu, tapi sesegera mungkin bergerak..maju.

Sayang, tadi hanya empat pikiran yang tertumpah dalam rapat singkat di selasar timur MBM. Sayang, padahal secara niscaya, afiliasi saya yang satu ini butuh banyak pikiran yang mencerahkan. Ah, sudah merutuknya. Empat pikiran yang tadi perlu mengubah ide-idenya menjadi gerak. Maka, melangkah saja..

  • Fragmen 2: Pelatihan penulisan opini, ruang I104, kampus STAN.

Sebulan yang lalu, minggu keempat bulan Maret, saya mengikuti pelatihan jurnalistik. Dan tadi, minggu (24042011), saya mengikuti sebuah workshop sederhana. Tentang menulis opini/kolom. Partisipasi saya di acara sederhana ini, menggelontorkan kembali kenangan. For sure, old times while i was near from anything around journalism, come rushing back.

Dan saya rasa ini satu skenario memulihkan diri. Memulihkan semangat menulis. Memulihkan semangat berbagi melalui tulisan. Memulihkan rasa ingin punya andil dalam perputaran media.

Saya begitu menikmati untuk menyimak cerita pak andreas harsono pagi tadi. Menikmati rangkaian pelajaran hari ini menari-nari dalam pikiran.

**

Tulisan ini cuma ungkapan rasa, saya tidak menyertakan materi yang saya dapat tadi pagi. Saya akan mengalihkannya ke dalam tulisan yang berbeda. Karena tulisan ini cuma tentang saya sedikit bercerita. Ya, cukup bercerita dulu.

Leave a Reply

