Matahari dan Langit Malam

Wasy syamsi wadh dhuhahaa…

Demi matahari dan sinarnya pada pagi hari


Was samaai wa maa banahaa..

Demi langit serta pembinaannya (yang menakjubkan)

***

Ada perbedaan antara rasa yang diakibatkan memandangi langit bertaburan bintang dengan rasa yang diakibatkan karena memandangi matahari. Ya, memandangi langit malam bertabur bintang membuat perasaan kita lebih tenang, dan jenuh selalu bisa hilang. Sedang memandangi matahari membuat kita bersemangat, seolah dalam pikiran kita berkata: “hey matahari, aku tidak akan kalah bersemangat darimu yang selalu muncul untuk menemani manusia beraktivitas!”. Namun sulit bagi kita untuk lama-lama memandangi matahari, karena efek silau yang ditimbulkan menyebabkan mata kita menyipit, dan selalu bisa membuat wajah kita berpaling.

Memandangi matahari sama seperti menatap tegak cita-cita: sama-sama bisa melecut semangat. Dan keduanya juga sama-sama bisa membuat wajah kita berpaling. Berpaling saat silau matahari tak lagi sekedar membuat mata menyipit. Berpaling saat cita-cita meminta kita memperkaya diri dengan hikmah-hikmah kejadian masa lalu, membuat kita mundur beberapa langkah.

Kadang tentang beristirahat, tetapi kadang tentang mengumpulkan energi. Kadang tentang berpikir keras, tetapi kadang tentang menyusun strategi atau merombak total perencanaan awal. Kadang tentang memberikan ruang kepada hati dan pikiran, tetapi kadang tentang memberikan hukuman atas kekalahan.

Saat sinar matahari begitu menyilaukan mata, berharaplah malam segera datang dengan langit yang tidak berawan sehingga bisa memperlihatkan sekawanan bintang. Biar silau yang lalu terbasuh sejenak dengan kerlip bintang yang menawan. Saat sinar matahari begitu menyilaukan mata, sabarlah hingga malam datang membawa bintang. Ambil saat-saat memandangi langit malam itu sebagai penyembuhan karena esok bisa jadi sinar matahari begitu intens manyapa hari.

Advertisements

One thought on “Matahari dan Langit Malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s