[Ulasan Buku] Untuk Muslimah Yang Tak Pernah Lelah Berdakwah

Muslimah pendakwah pantang menyerah. Tak kenal lelah, tak sudi tunduk kalah. Merekalah sosok shalehah, mujahidah perindu surga.

Satu lagi buku mengenai dakwah muslimah yang saya baca dalam waktu beriringan. Buku ini saya selesaikan terlebih dahulu sebelum menyelesaikan buku Divisi Wanita Ikhwanul Muslimin. Bila buku Divisi Wanita Ikhwanul Muslimin merupakan buku terjemah, maka buku ini bukan merupakan buku terjemah melainkan buku yang dihimpun oleh aktivis juga. Digarap oleh Rochma Yulika dan Umar Hidayat, dimana keduanya aktif dalam dakwah kampus dan masyarakat.

Oleh penulis, buku ini ditujukan untuk menjadi teman dialog bagi muslimah aktivis dawah. Ditujukan untuk menjadi pendamping bagi mereka yang kurang bergairah dalam berdakwah. Ditujukan untuk menambah khazanah keilmuan dalam dakwah.

Buku ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama menceritakan Jejak-jejak Muslimah Dakwah, lalu membahas mengenai manajemen tawazun muslimah dakwah dan bagian terakhir memberikan saran agar dakwah muslimah menjadi lebih produktif. Sususan yang sistematis, dan tidak terlalu bertutur panjang teori. Disisipi banyak kisah yang mengait pada pembahasan, sehingga ada proses menumbuhkan keteladanan dari cerita nyata. Buku ini pun dikemas tidak dengan bahasa yang sulit melainkan dengan bahasa yang sederhana dan dekat dengan warna dakwah aktivis muslimah. Sehingga untuk menikmati buku ini tidaklah sulit.

Kesan yang saya tangkap dari tujuan buku ini adalah materinya bukan lagi dikhususkan pada tahap pembentukan muslimah aktivis, melainkan untuk fase setelah pembentukan karakter aktivis dakwah pada muslimah itu sendiri. Sehingga buku ini bersifat suplemen. Suplemen yang menambal keraguan, suplemen yang mengaktifkan lebih banyak imun berdakwah bagi para muslimah. Suplemen yang tidak menjadi sepele karena bahkan didalamnya terkandung keteladanan yang akan lebih mudah dipelajari oleh muslimah yang kini telah aktif berdakwah, sehingga suplemen ini bersifat meneguhkan.

Dilabeli sebagai ‘a good reference for muslimah’, dan saya sebagai pembaca sepakat. Referensi yang bagus bagi muslimah aktivis dakwah.

 

Advertisements

One thought on “[Ulasan Buku] Untuk Muslimah Yang Tak Pernah Lelah Berdakwah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s