[Aktivitas Membaca] Februari 2011

Alhamdulillah, awal februari ini saya secara formal berpartisipasi dalam reading’s challenge 2011. Ya, sebagai Goodreader yang baik, saya ikut meramaikan tantangan tersebut. Untuk tahun ini, terhitung februari 2011, target buku bacaan yang harus saya tuntaskan saya pasang diangka 100. Biar genap saja, biar terkuantitasi dan biar melecut aktivitas membaca saya.

Dan di akhir februari ini, baru 8 buku yang saya baca :-(. Mereka adalah:

  1. Eliana (Tere liye): buku keempat dari serial anak-anak mamak karya Darwis Tere Liye yang sebenarnya saya beli dipenghujung Januari lalu. Saya selesaikan buku ini dihari pertama Februari. Secara pribadi, saya suka serial anak-anak mamak. Karena dengan membaca serial tersebut, setidaknya saya bisa mendapati pengalaman menjadi anak desa (samasekali bukan anak kota seperti adanya saya). Dengan begitu, saya menghibur diri dari perasaan iri terhadap mereka yang dibesarkan oleh kebijaksanaan alam. Yang tumbuh bukan dari sintesa banyak kebudayaan. Betapa asyiknya.. 😥
  2. Jendela Cinta : merupakan kumcer yang didedikasikan royaltinya untuk Aceh pasca Tsunami 2004 lalu. Termasuk fiksi yang andil dalam kegiatan membaca saya di Februari ini. Meski tidak semua cerpen didalamnya menjadi favorit saya. Tetapi pengantar buku ini oeh Fauzil Adhim cukup membuat saya jatuh hati terhadap buku ini. Ah, mungkin juga karena saya punya kecenderungan suka untuk aceh. Hee J
  3. Ketika Aku Mencintaimu: semi fiksi (menurut saya) yang bukunya tipis saja tetapi kaya dengan romantisme suami-istri. Lebih tepatnya sih memang surat-surat cinta dari seorang istri shalihah kepada suami sholih. Cukup meracuni saya (sebenarnya).
  4. Sakinah Bersamamu (Asma Nadia): lepas dari kumpulan surat romantis, saya beralih ke cerita-cerita pendek berfragmen kehidupan rumahtangga. Ya, seperti yang kalian antisipasi: saya tambah teracuni.
  5. Habibie & Ainun (BJ Habibie): Buku yang saya baca dengan meminjam bersyarat. Membaca buku ini mengingatkan saya pada kisah cinta Rasulullah dengan bunda Khodijah. Sayang saya belum bisa mempublish review karena beberapa kondisi.
  6. Demi Hidup Lebih Baik (Anis Matta): Buku yang tebalnya tidak seberapa, tetapi kaya hikmah. Merupakan kumpulan narasi ceramah Ust.Anis Matta yang disunting oleh Ust. Herry Nurdi. Buku ini sama bergizinya seperti buku ‘Arsitek Peradaban’.
  7. Allah, Kokohkan Kaki Kami diatas Jalan-Mu: Buku yang serupa dengan serial ‘Mencari Mutiara didasar Hati’. Sama-sama merupakan kumpulan tulisan Ust. M. Lili Nur Aulia dalam rubrik Ruhaniyat Majalah Tarbawi. Sarat sekali dengan tema tazkiyatun nafs. Highly recommended (d^^b)
  8. The Wisdom of Women (Wasilah) : Buku yang dalam review saya di Goodreads saya beri 5 bintang. Meski seorang teman salah artikan dengan menganggap bahwa saya berpendapat buku tersebut sempurna. Sebenarnya 5 bintang itu saya berikan dengan digerakkan oleh perasaan yang saya dapatkan usai membacanya. Cerita-cerita dalam buku tersebut benar-benar ‘hidup’ dan ‘mengilhami’. Highly recommended, apalagi untuk perempuan.(d^^b)

Berarti bulan ini mesti minimal nambah dua buku dari jatah buku seharusnya per bulan 😀

**review buku-buku diatas (kecuali eliana & Habibie dan Ainun) sudah available di notes facebook, blog WP dan review di multiply dan pastinya juga ada di rumah saya di Goodreads

2 thoughts on “[Aktivitas Membaca] Februari 2011

Leave a Reply

