Dependable Person

Dia kakak perempuanku. Nomor dua dari delapan bersaudara. Dia tumbuh menjadi wanita yang cantik. Menuruni kecantikan Mama. Dia juga seorang dewasa, yang terkadang melebihi kedewasaan si sulung di keluarga kami. Dia seorang yang sangat loyal. Tidak enggan memberi dan begitu menyayangi keluarga.

Hal itu yang akhirnya selalu menjadi kabar baik untuk kami, keluarganya. Terlebih untuk ayahku. Kakak perempuanku itu memang besar dalam dampingan Ayah, cenderung dekat kepada Ayah. Kini dia telah berkeluarga dan memiliki empat orang anak. Di tengah keluarga mertuanya, dia juga disayangi. Tentu saja karena kasih sayangnya yang selalu lebih dulu menyentuh hati-hati lain.

Aku meyakini dia sebagai sesosok manusia yang bisa diandalkan. Ditambah dengan nilai plus lain yakni dermawan. Saat masih ada Mama bahkan setelah kepergiannya, keberadaan kakak perempuanku itu selalu tertempatkan di sisi yang menenangkan kami. Apapun masalah yang terjadi. Dia selalu bisa hadir menjadi (atau membawa) solusi.

Seperti kemarin, ayahku kembali perlu menjalani operasi meluruhkan batu ginjal yang dideritanya. Dan kakak perempuanku itu, selalu mampu menjadi sokongan untuk Ayah. Membantunya dengan membeli obat-obat yang dibutuhkan Ayah, menyarankan banyak petunjuk-petunjuk kesehatan, selalu mau membawakan makanan-makanan yang disukai Ayah, hingga sekedar menemani Ayah yang kadang tertinggal dirumah sendirian.

Ayah selalu mempercayakan semua ceritanya kepada kakak perempuanku itu. Bila ceritanya adalah tentang persoalan internal (atau menyangkut diriku yang terkadang bermasalah), kakak perempuan itu akan menjelma menjadi jubir Ayah. Kadang juga dengan inisiatifnya mencari solusi dengan berdialog hati.

Bila aku masih butuh ditemani oleh Ayah untuk ke rumah sakit, maka dia adalah orang yang selalu dibutuhkan Ayah saat Ayah tidak berdaya dengan kesehatannya. Bertolak belakang sekali denganku. Meski begitu, aku bersyukur. Seperti Mama, dia adalah juga malaikat dalam keluarga kami.

 

Advertisements

One thought on “Dependable Person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s