catatan hati, 20112010

Sejak sore, aku memang menginginkan mendung benar-benar membawa hujan ke bumi. Tiba-tiba aku tidak sabar untuk merasai rintik-rintik yang bersentuhan dengan atap rumah dan membuat kebisingan ritmis. Bising ritmis yang selalu bisa membuat hatiku ikutan gerimis. Alhamdulillah, hujan benar-benar datang malam ini. Tersenyum simpul dan bersabar menungguiku menuliskan ini.

Memang. Ada sesuatu yang membebani hati dan pikiranku. Padahal yang kupikirkan selalu itu: tentang kehidupan yang ku jalani sekarang ini. Aku bahkan melayangkan sebuah sms singkat untuk menarik perhatian seorang teman yang berbunyi,”living life really is a heavy task.”

Aku memikirkan kesendirian, simpul-simpul rindu yang tidak habis dan merasai ulang kenangan.

Mungkin secara fisik, aku bisa menafikan banyak hal, melumatkan banyak kegalauan dengan senyum sederhana. Tetapi dalam hati? Selagi manusia lain tidak bisa dengan mudah mengerti, aku mudah sekali berantakan dalam hati. Aku bisa bicara banyak hal, tetapi dalam hati selalu ada rasa tertawan.

Hal lain yang ku sadari, belakangan aku telah berhasil menjadi seseorang yang egois. Membatasi komunikasi sehingga ruang berbicara dengan diri menjadi sangat lapang. Hal itu tetap sesuatu yang relatif. Bisa menjadi baik atau sebaliknya.

Aku ingin bisa mengubah energi apapun yang mendominasi diriku untuk melanjutkan kehidupan. Sampai sejauh ini, proses tersebut kerap melelahkan.

Tapi kemudian, seperti ada yang menunjuki sesuatu. Lewat bacaan yang juga aku tutup sementara sekarang ini.

“bahwa hidup harus menerima….penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti…pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami…pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian dan pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan.”

 

Leave a Reply

