membaca atau menulis?

Sesuai judul, saya hendak menanyakan hal ini,” Lebih memilih mana, membaca atau menulis?”

Jangan bingung dulu. Jawab saja dalam hati dan lanjutkan membaca tulisan ini.

Jadi begini saudaraku, adakalanya aku kebingungan dalam memilih membaca dahulu atau meneruskan ide yang didapat tiba-tiba dan menuangkannya dalam tulisan. Kenapa bisa jadi membingungkan? Karena dua hal ini erat, dan mulai saat ini aku berkesimpulan bahwa aku harus mengiris waktu berlainan antara membaca dan menulis.

Kadang memulai menulis itu bisa mengalir saja bila memang sedang menuliskan apa-apa yang telah kita alami (let said, we reviewing our moments). Memang populernya demikian. Tapi, tulisan menjadi sulit mengalir dengan mudah (menurut saya) ketika kita menuliskannya dengan mewajibkan formula pengetahuan-pengetahuan penting yang kita rangkum dari literatur berbagai macam.

Aku secara pribadi, ingin sekali menelurkan banyak tulisan berliterasi. (seriously!!)

Dan pertanyaan ini, ingin aku bawa menjadi sebuah tulisan (nanti) yang berliterasi. So, jawabannya aku dapatkan :: membaca, first thing to do now! Mungkin setelahnya aku akan mencoba metode LUREC dalam menulis ::

Yosh!

6 thoughts on “membaca atau menulis?

  1. Membaca dan menulis memang 2 hal yang erat, maka berjalanlah berdampingan..

    Ditunggu artikel literary nya ya, eniwei boleh tau LUREC itu gmn?

    1. ya. berjalan berdampingan . .amboiy ..
      seperti fondasi yang sahabat ‘ali pernah katakan, ikatlah ilmu dengan menuliskannya kembali.
      LUREC sama halnya seperti itu. mengulas kembali apa yang telah dibaca dengan perspektif diri memaknainya,
      coba liat disini

  2. Betul sekali. Saya setuju dengan itu. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Tapi coba kau dengarkan ini: Aku tidak suka membaca – terutama bacaan novel – tapi sangat gemar menulis.

Leave a Reply

