Merasai kembali lingkungan itu…

Hari ini, setelah agenda rutin sabtu pagi selesai, akhirnya aku berkesempatan untuk datang ke kampus pertamaku yang begitu aku rindukan. Hmm…jadi ga sabaran.

Akhirnya, dengan menumpang transjakarta, aku berangkat ke kampus B UNJ.

Sepanjang perjalanan, aku seperti menunggu bertemu orang-orang yang ku rindu. Well, memang benar seperti itu. Untuk bertemu dengan Ika, Ella, dan Leli (tim rusuh), juga bertemu rekan-rekan di BEMJ Kimia dan bertemu dengan orang-orang yang mungkin bisa kudapati keberadaannya di sana.

Satu jam. Akhirnya aku sampai di gedung ungu Fakultas MIPA UNJ.

Yang pertama ku temui, tentunya adalah Ika,karena dia yang menyambutku. Lalu dia membawaku masuk ke bagian tengah gedung, tepatnya ke sekretariat BEMJ Kimia yang berada di tengah sekretariat BEMJ lain dan BEMF.

Wuih, ramai!

Ada kulkas, lemari arsip, whiteboard, arsip2, dan properti2 berserakan di saung ijo. Oowwhh..ternyata lagi ada Family gathering + family day. Pantes aje!

Hm..sekre bemj q3a (baca: kimia), tetap seperti dulu. Tapi kali ini mau di-cat ulang.

Melongok sejenak ke dalam sekre, tiba-tiba terlintas masa-masa syuro KD dulu. Syuro perdana dengan staff lengkap KD yang berjumlah 9 orang. Ka’ Imam, Ka’ Cae, Ka’ Intan, Ka’ Yani, Wahyudi, Asep, Riva’i, Ella dan aku. Saat-saat memperkenalkan diri dulu. Ingatan-ingatan tentang syuro proker internal juga tiba-tiba mendera. Tentang Family day, Studi Banding, MPA, dan lain-lain. Wuihh, jendela hatiku seperti dihembus angin kerinduan.

Lalu aku bertemu Ella, yang langsung menyambutku dengan genggaman salam, cipika-cipiki dan pelukan hangat serta senyuman lebar. Dia yang langsung menanyai kabarku. Menanyai kabar cerita curhatan terakhirku kepadanya, tentang SMAku. Dia juga bercerita tentang salah seorang teman yang telah banyak berubah lebih positif.

Lalu, aku bertemu dengan Leli. Si imut yang cerewet (hehe, afwan Li). Yang juga menanyai kabarku. Yang berceloteh bahwa aku sedikit berubah, tambah gemuk lah, apalah. Semakin membuatku ceria.

Eh, aku melihat Taufan dan Zaky. Dua orang classmateku dulu yang udah kayak adik-kakak. Kemana-mana selalu berdua. Dan hoho^ di BEMJ kali ini pun mereka berdua sama-sama staff di Dept. Entrepeneurship.

Zaky…Topan!” panggilku

Wiihh, anak mana nih? Tumben maen Ziy. Kagak bilang dulu lagi!” jawab Topan.

Hehe..iya nih. Lagi liburan. Pengen maen kesini sengaja ngerecokin FD kalian!”

Bawa apa nih?” tanyanya balik.

Hmm…bawa apa ya? Ngga bawa apa-apa nih. Hehe”

Wah..berarti ntar ada traktiran nih!” simpulnya.

Tuing*%$^lho?

Ternyata ada yang nimbrung.

Éh, ada Ziy. Ngapain Ziy?” kali ini yang bertanya Kang Asep

Maen aja nih. Nimbrung aja di acara kalian!” senyumku.

….teman-teman sekelasku dulu di Kimia ’07. Kali ini yang tersisa di BEMJ Kimia dari Prodi Kimia tinggal yang ikhwannya aja. Sementara yang akhwat lebih memilih untuk ngga melanjutkan di BEMJ Kimia. Well, karena akademis yang semakin menantang dan mengkhawatirkan jika fokusnya terbagi. Itu jawab mereka. Padahal, jika aku masih disana. Mungkin sekali aku masih bersama mereka di BEMJ Kimia. Lha wong aku yang ngajak-ngajakin yang akhwatnya. Hehe.

Jadi inget, aku pernah bercanda dengan Ella.

La, nanti Ella jadi Sekum. Asep jadi Ka.dept KD, nanti Ziy di Ka.Club Jurnal-nya aja!”

Dan ternyata itu terwujud. Walau banyak yang berbeda. Asep benar menjadi Ka.Dept Kaderisasi, Ella di Ka.Dept Kerohanian, Wahyudi di Ka.Dept P2KA (Pengembangan penelitian dan akademik). Ya, mungkin rapat BPH juga dipenuhi oleh mantan staff KD BEMJ Kimia ’08 dulu.

Lalu, aku bertemu Alhara. Seorang sahabat yang agak keras, kritis, yang menjadikan aku sahabat ceritanya. Tahukah apa yang dia bicarakan setelah dia melihatku?

Eh Ziy, pa kabar bu?”

Alhamdulillah, baek!”

Ziy. Gw lagi bikin 5 penelitian nih.”

PKM yah?”

yap. PKM GT sekarang namanya. Mw dengerin ga? Pertama gw bikin karya tulis tentang pengolahan limbah banner. Banner bekas kampanye nih. Kan banyak tuh, gw gagas dari limbah banner itu buat dibikin tas handbag buat anak-anak di sekolah Rakyat……………….., kedua. Gw juga bikin penelitian tentang pemanfaatan ikan cere’ buat bahan pangan. Lw tau kan, siomay yang banyak dijual di jalan-jalan sekarang tu pake ikan tenggiri busuk. Dan penggunaan tengir busuk jauh lebih berbahaya dari penggunaan pengawet sekalipun. Ternyata dia (tenggiri busuk) sifatnya neurotoksin langsung berdampak kerusakan jaringan neuro…………………………..trus gw juga bikin penelitian tentang xancievera bareng ma Fadli ………….”

Aku yang terkesima tak berdaya. Waduh, semenjak aku meninggalkan Kimia aku memang ketinggalan perkembangan dunia kimia. Makanya agak kaget saat dia tiba-tiba nyerocos tentang penelitian-penelitiannya. Well, Hara emang lebih kritis dan terlihat sekali dia excited banget di PKM kali ini. Dia yang aktif di P2KA BEMJ Kimia, juga di KPM (Kelompok Peneliti Muda) UNJ. Wajar saja sangat berapi-api saat menceritakan gagasan-gagasan. Dan aku senang, melihat dia bersemangat. Karena aku tahu dia, dan tk banyak yang mengerti sikapnya. Makanya aku bersyukur dia mau mempercayakan aku jadi teman ceritanya, karena dia memang sulit mempunyai teman dekat untuk bercerita.

Lalu aku bertemu Ulfa, P.Biologi ’07, teman 1 halaqohku dulu. Teman seperjuangan di Baksos MUA dan SISKOM XVII, serta alumni SISKOM XVI. Bertemu dengan Eliza, P.Fisika ’07, bus-mates patas 57, sesama Tim Kreatif SISKOM XVII, teman cerita juga. Bertemu dengan ka’ Rahma, Kimia ’06, mentorku dulu. Bertemu Ochi, P.Biologi ’07, si pendiam. Dan saat-saat terakhir aku masih sempat berpapasan dengan Rahmat, Matematika ’07, si ketua angkatan MIPA ’07 yang sekarang jadi Ketua BEMJ Math, rekan sekelompok saat PKMF (Pelatihan Kepemimpinan Fakultas). Yang menanyaiku ramah tentang kabar dan sebab kedatanganku.

Ahh, lingkungan itu. Yang selalu membuatku nyaman. Yang selalu membuatku rindu. Yang membuatku banyak tergugu dan biru.

Akhirnya berkesempatan untuk merasakan sejuk atmosfer kampus B sabtu siang itu. Tempat yang sempat menumbuhkan cita-cita untuk ku ukir pengalaman organisasi di BEM dan IKAHIMKI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia). Dimana aku sudah one step closer menjadi anggota IKAHIMKI. Impianku untuk melanglang buana ke penjuru Indonesia dengan IKAHIMKI. Ternyata akhirnya mesti pupus.

Tentang jenjang BEM yang juga mesti terputus. Padahal sudah terpeta. Tahun 1-2 diBEMJ. Tahun 3 di BEM FMIPA dan melesat di akhir, di BEM UNJ.

Tentang cita-citaku menjadi Alchemist.

Hupfh. Back to the reality, Ziy. Sekarang kau sedang menjalani dunia akuntansi di STAN. Terimalah hal itu. Dan bergembiralah! Oke. Pasang kemudi. Buat rute perjalanan di dunia akuntansi ini. Ukir peta kehidupan yang tak biasa! Lw pasti bisa Ziy!

Advertisements

One thought on “Merasai kembali lingkungan itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s