Apa yang sedang kalian pikirkan, aku sedang belajar mengetahuinya.

Sore ini, ada sms dari seorang al-akh,

“Aslm. Afwan Ziy. Tanya donk. Kemaren waktu hot news Mcttg 3 kepanitiaan besar itu kok seolah-olah memojokkan panitia y? penasaran nih. Jzk.”

Setelah membacanya, aku pikir apakah ini tidak terlalu basi untuk diungkit lagi.

Tentang controversial itu. Yang menurut banyak warga STAN adalah upaya memojokkan panitia dan BEM STAN oleh pihak Media Center.

Sebenarnya, aku gg punya hak untuk membahas ini banyak-banyak. Karena sebenarnya aku baru dalam keluarga bengkel MC. Tapi setidaknya aku boleh ambil bicara untuk hal-hal yang menyangkut keluargaku kan?

Sedari awal, wawancara pelamar magang MC, mba’ Fita sudah mewanti-wanti pandangan luaran mengenai LPM MC STAN. Bahwa diluaran banyak terlihat bahwa MC tidak pernah akur dengan BEM lah, inilah, itulah. Dan aku tahu, itu adalah konsekuensi bagi sebuah Lembaga Pers. Dan akan sangat memungkinkan, teman-teman akan memandang lain saat mereka tahu bahwa kau adalah bagian dari Media Center. Dan ini benar, karena aku merasakan hal itu.

Tapi tak inginkah kalian mencoba duduk-duduk bersama kami, untuk berdiskusi dan mendengarkan apa-apa yang ingin disuarakan pikiran kami? Tak pernahkah kalian mencoba membayangkan kami adalah kalian dan kalian adalah kami? Atau tak pernahkah terlintas kalian tanyakan, apa sebenarnya basis komitmen kami melalui Lembaga Pers yang kami bawa ini?

Bukannya ingin menyalahkan kalian. Tapi, kami adalah bagian penting dari perputaran roda zaman, dalam episode kehidupan kemahasiswaan khususnya. Kami juga adalah role yang mesti ada dalam keluarga besar STAN. Kami deklarasikan, fungsi kami adalah watch and Doc. Sedangkan tujuan kami adalah sekata ‘mencerahkan’. Mencerahkan melalui tulisan. Mencerahkan dengan memaparkan kenyataan-kenyataan. Maka jangan salahkan jika yang kalian dapati adalah ketidak sempurnaan pandangan dengan realita yang ada. Karena kami juga punya kode etik, dan kami tak sudi meracuni dengan pemberitaan hasutan.

Yang kami usahakan adalah agar tulisan kami, atau berita-berita yang kami tulis, mempu memberikan solusi. Mampu mengarahkan demi pembelajaran bersama.

Setidaknya inilah yang aku yakini tentang keluarga ini. Setidaknya inilah yang aku dapati dalam proses belajar menjadi bagian keluarga ini. Ya, aku baru belajar. Dan aku baru tahu.

Silahkan salahkan jika memang kalian lebih tahu dan menganggap apa yang kutulis ini adalah harapan picisan. Dan tolong benarkan jika kalian dapati kesalahpahaman ku atas keluarga ini. Tapi tolong, jangan serta merta menyalahkan dan menghalangi tujuan kami untuk mencerdaskan dan mencerahkan. Lewat tulisan. Jika laku kami jauh dari idealisme kami, maka ingatkanlah dan genggam juga tangan kami. Untuk kelangsungan yang lebih baik.

Apa yang sedang kalian pikirkan, aku sedang belajar mengetahuinya.

Leave a Reply

