Sendiri

Sendiri.

Satu hal yang sangat ku suka dan sering kali ku rindukan. Saat-saat sendiri, hanya ada aku dalam duniaku. Adalah hal yang sangat mengasyikkan. Karena dalam kesendirian, aku mampu menjadi diriku. Dan meninggalkan topeng-topeng yang melekat saat ku dalam sebuah komunitas.

Sendiri.

Aku sangat menikmati kesendirianku. Karena dapat ku eksplorasi diri. Karena dapat ku salahkan diriku atas apa-apa yang terlewatkan. Dalam sendiri aku bisa sepenuhnya jujur. Bukan berarti aku tidak jujur saat bersama orang lain, tapi kejujuran saat aku sendiri lebih menenangkan. Karena tidak ada istilah ‘oposisi’ lebih-lebih ‘konspirasi’.

Sendiri.

Berjalan sendiri, di tengah keramaian. Merasa terasing dari kesibukan. Dan berdialog hanya dengan nurani. Tak terbayang betapa menyenangkannya. Karenatak perlu aku peduli terhadp yang lain. Kecuali terhadap diri. Ya. Hanya aku. Sebagai sentra kesendirianku.

Sendiri.

Dalam sendiri, ada kalanya aku banyak belajar. Merenungkan banyak hal yang sebelumnya sering tak terpedulikan. Meng-ekpektasikan banyak hal. Menciptakan proses kreatifitas diri. Mengembangkan ketajaman perasaan. Dan itu semua hanya bisa ku lakukan saat ada dalam kesendirian.

Sendiri.

Namun adakalanya aku takut sendiri. Karena aku harus bertarung dengan syaithan dalam diriku, sendiri. Ya. Aku lebih tak berkuasa menghadapi sisi gelap itu. Karena pertarungan satu melawan satu dengan syaithan pastinya akan lebih melelahkan. Jelas lebih melelahkan karena yang ku hadapi mestilah hawa nafsuku sendiri. Hanya aku dan Dia yang mampu tahu.

Sendiri.

Namun dari kesemuanya, aku bersyukur atas keberadaan kesendirian itu. Karena ia adalah kelebihan nikmat yang Dia berikan. Dan berpotensi mengajakku untuk lebih dan lebih mengenal siapa aku dan siapa seharusnya aku. Insya Allah, dengan kehendak-Nya.

Dalam kesendirian perjalanan pulang di siang terik Jakarta, senin 8 Muharram 1430 H

Leave a Reply

