Dan Aku belajar,

Dari lebah, aku belajar

Untuk senantiasa memproduksi madu yang berarti adalah kebaikan dan kebermanfaatan bagi makhluk lain..

Dari kupu-kupu, aku belajar..

Untuk terus berusaha mengubah sisi ’ulat’ku menjadi bentuk sempurna ’kupu-kupu’ku untuk kemudian terbang menebarkan pesona keindahan warna yang terukir pada ’sayap’ku yang terkembang.

Dari hujan, aku belajar

Bahwa sumber hujan adalah penyinaran. Cahaya menaburi lautan, air menguap menjadi awan. Lantas ia gemerisik turun ke bumi, menyuburkan tanah dan meniupkan kesejukan mengganti terik yang membakar raga..

Dari limbah sampah, aku pun belajar

Bahwa limbah pun masih bisa ’berguna’. Setidaknya untuk ’recycling’ menjadi barang-barang yang bermanfaat. Bahkan ada penghidupan saat sampah dikelola..

Dari burung, aku belajar..

Untuk senantiasa bersenandung….melantunkan zikir merdu pada Sang pencipta

Dan dari kesemuanya, aku belajar pada makhluk yang bernama manusia..ya bayangan diriku sendiri,

Bahwasanya kesempatan ku terlampau luas untuk melakukan hal berguna..bahwa Dia telah memberikan akal untuk senantiasa belajar..bahwasanya Dia telah berikan ku kesempatan dimanapun..kapanpun..dan dalam segmen apapun untuk berkarya. Bahwasanya dia menyempurnakan penciptaan manusia agar bisa bereksplorasi, belajar dari segala makhluk tandingan lain semata untuk mempersembahkan penyembahan yang terbaik, kepemimpinan terbaik, kebermanfaatan terbaik, melebihi lebah, kupu-kupu, hujan, burung dan limbah.

Dan aku belajar, bahwa keberadaanku melebihi ’mereka’

Leave a Reply

