[Ulasan Buku] Ya Allah, Inilah Proposal Cintaku

Buku setebal 166 halaman, saya beli karena halamanmukanya. Cantik, bukan? Bagaimana dengan isinya? Sebentar, ini kan sedang akan di-review.
Well, bahasa penulis, sederhana. Isinya ya begitu, tak jauh beda dari buku-buku pernikahan lain. Dan memang, penulis sudah berkata sejak awal bahwa buku-tak-tebal ini diharapkan menjadi pelengkap dari buku-buku nikah lainnya (yang mungkin telah atau sedang kita baca *ehm). Bagian mana yang menjadi pelengkap, dari buku ini? saya menemukan wujud ‘pelengkap’ itu ada pada bagian akhir. Yakni dua puluh delapan bagian terakhir.
Dua puluh delapan halaman, bagian akhir, yang dimulai dengan sub-tulisan ‘action’. Lalu, diajaknya kita mengawali dengan bertaubat. Menyusun target-target, lalu mengajak kita istikharah. Dan, bagian akhir buku ini pun, ada simulasi. Jadi penting bagi kita, mengambil kertas dan pena, setelah membacanya. Bagaimana dengan saya? Jujur, bagian itu saya lewatkan. Karena menurut saya atmosfer pagi kurang tepat. Karena merasa bisa saufa saufa. Butuh ketenangan untuk kemudian benar-benar menyusun ‘proposal cinta’, bukan? *alasan* :-P
Diberikan pula, contoh proposal cinta itu rupanya macam apa. Hush! Bukan proposal yang seperti biasa kita tahu yang isinya biodata. Bukan. Tapi lebih pada lembar-lembar permintaan kita, untuk hajat kita dipermudahkan dalam menjalani proses mewujudkan pernikahan. Lembar-lembar yang lebih bersifat pendekatan kepada Allah, mengadu dan menyampaikan permohonan dan menyertakan ketergantungan kita pada Allah. Jadi, lebih bersifat privasi.
Komentar lain, terhadap buku ini, ada kekecewaan saat konten yang dibawakan penulis terasa kurang orisinil. Memang sah sah saja mengambil kutipan-kutipan penulis lain, atau bahkan gagasan-gagasan penulis lain (dengan izin). Tapi terasa ada yang kurang, dalam penulis mengemukakan kembali gagasan yang dia ambil. Tidak terasa begitu berbeda. Tidak begitu terasa karakter lain. Atau mungkin karena ini adalah buku-lain-tentang-pernikahan? Ya, mungkin. Jadi ya, isinya akan senada, seirama.
Semoga bermanfaat.
Selamat membaca. :-)

9 thoughts on “[Ulasan Buku] Ya Allah, Inilah Proposal Cintaku

  1. Pingback: [Sidestory] Proposal Cinta dan Catatan Terakhir « al Faza

  2. Pingback: [Aktivitas Membaca] Januari 2012 « Faraziyya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s